-->

6 Kebiasaan Buruk Bikin Berat Badan Susah Turun

Kamu memiliki berat badan yang susah turun sekalipun usaha diet sudah maksimal? Mungkin hal ini disebabkan kebiasaan sehari-harimu yang ternyata mempengaruhi berat badan. Nah, biar kamu lebih sigap dan bisa mulai memperbaikinya, beberapa kebiasaan ini perlu kamu ubah agar berat badan yang kamu inginkan bisa didapatkan!

Berikut 6 Kebiasan buruk itu:

1. Kelamaan Duduk


Mungkin kamu memiliki pekerjaan yang mengharuskanmu duduk di depan layar komputer selama berjam-jam. Atau kamu sering menghabiskan waktumu bersantai di sofa hanya untuk sekedar nonton tv. Meskipun duduk yang kamu lakukan itu gak sambil ngemil, kamu tetap akan menaikkan berat badan. Karena ketika duduk dalam waktu lama, ototmu gak akan bekerja keras membakar lemak.

Nah, biar berat badan gak susah turun lagi,pastikan kamu bergerak sedikit setiap setengah jam. Bukan sekedar peregangan di tempat lho ya! Tapi jalan-jalan kecil untuk sekedar ambil air minum, atau menghirup udara segar. Gak sampai 5 menit kok Gladis!

2. Kurang Tidur


Banyak dampak negatif yang bisa kamu dapat dari kurang tidur, salah satunya terus meningkatnya berat badan, tapi bukan dengan cara yang sehat. Orang yang kurang tidur akan menurun kemampuan tubuhnya untuk mengelola gula darah sehingga hormon leptin yang berguna untuk membatasi nafsu makan juga ikut berkurang. Akibatnya, kamu jadi super kelaparan dan bisa reda jika diisi makanan berat tiap kali kurang tidur.

Coba deh hindari begadang kalau gak perlu-perlu banget. Jangan lupa makan malam setidaknya tiga jam sebelum waktu tidur dan menghindari asupan kafein. Ini bisa membantumu tidur nyenyak dan gak kurang tidur.

3. Melewatkan makan besar


Jangan berpikir bahwa sengaja melewatkan makan besar dan membuat dirimu kelaparan akan menurunkan berat badan! Tubuhmu secara otomatis justru memperlambat proses metabolisme untuk menghemat energi. Alhasil, tubuh akan menyimpan lemak dibanding membakarnya. Apalagi, ketika kamu mengisinya dengan makanan di waktu berikutnya, kamu akan merasa kelaparan dua kali lipat karena tubuh mencoba mengisi sumber daya.

Jika kamu gak mau melihat pinggang dan perutmu tambah besar gara-gara lemak, coba deh mengonsumsi cemilan sehat tiap beberapa jam. Ini akan menjauhkanmu dari ngidam makanan yang enggak-enggak.

4. Gak bisa bersahabat dengan Stress


Stres pasti muncul dan kamu gak bisa menghindarinya, makanya kamu perlu mencari cara untuk bisa bersahabat dengan stres dan menanganinya meskipun sebentar. Stres akan memicu otak melepas kortisol, yang pada akhirnya menyebabkan keinginan kamu untuk mengonsumi makanan tinggi kalori seperti makanan yang manis-manis muncul.

Nah, biar kamu terhindar dari kemungkinan ini, coba deh tiap kali kamu stres segera melakukan cara-cara instan seperti jalan-jalan, ngobrol, peregangan, atau aktifitas lain agar stres bisa diredam. Coba juga meditasi sederhana dan mengganti konsumsi junk food atau makanan manis dengan makan buah kalau kamu bisa ya Gladis!

5. Kamu kurang nutrisi


Meskipun diet itu identik dengan mengurangi karbohidrat dan makanan yang berlemak, tapi tubuhmu gak boleh sampai kekurangan nutrisi penting seperti kalsium, protein, dan zat besi. Kurang kalsium akan menghambat metabolisme di tubuh, sedangkan kurang protein akan membuat otot tubuhmu melar dan gak ramping lagi.

Supaya kamu gak salah diet, coba konsumsi susu dalam diet harianmu. Kalau kamu mau cari aman, yoghurt atau susu rendah lemak bisa jadi pilihan, selama gak keseringan. Konsumsi juga sayuran hijau dan bagian daging yang gak mengandung lemak.

6. Kurang Minum


Dehidrasi bisa berpengaruh besar pada keseluruhan fungsi tubuhmu. Selain gak sehat dan bisa mengundang penyakit, kurang minum juga memperlambat metabolisme tubuh sehingga mempengaruhi jumlah kalori yang terbakar.

Agar beratmu bisa turun dengan lebih mudah, pastikan kamu mengonsumsi air putih sekitar 8 gelas sehari. Jangan lupa juga membawa sebotol air minum ke mana pun kamu bepergian ya Gladis!

Sekarang, tunggu apalagi untuk mengubah kebiasaan burukmu agar tubuh idaman bisa kamu dapatkan? Selamat mencoba ya Gladis!


Sumber : www.lintas.me


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel