-->

Makanan Pantangan Untuk Penderita Radang Nyeri Sendi Lutut

Penyakit Radang Sendi merupakan penyakit yang menyerang kebanyakan orang di semua umur, bukan hanya diusia tua saja namun usia muda kadang juga di serang penyakit satu ini. Radang sendi dapat diartikan juga sebagai penyakit yang merusak struktur sendi.Apabila Anda mengalami gangguan pada sendi tentu anda tidak merasa nyaman dan akan sangat merasa terganggu pada aktivitas yang anda lakukan.

Hingga saat ini belum ada pengobatan pasti untuk meredakan sakit pada sendi. Akan tetapi dengan cara menghindari konsumsi beberapa makanan pantangan radang sendi dipercaya dapat menghindari rasa sakit berlebihan. dengan disiplin terhadap apa yang menjadi pantangan untuk radang sendi anda tentu bisa terhindar dari dampak penyakit sendi yang lebih parah.


makanan untuk penderita radang sendi lutut
Radang sendi Lutut

Penyebab Nyeri Sendi

Untuk memastikan apa yang menjadi penyebab radang sendi biasanya dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik, seperti mengamati pembengkakan pada sendi dan melihat kemampuan pasien dalam menggerakkan persendiannya. Jika pasien ternyata didiagnosa menderita radang sendi, maka sangat perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti melakukan tes darah, cairan sendi, tes urin dan yang lainnya agar bisa semakin menguatkan diagnosanya.

Dalam Pemeriksaan radang sendi yang dilakukan dokter juga bervariasi dan tergantung pada kondisi yang dicurigai oleh dokter. Selain pemeriksaan laboratorium, metode pemindaian seperti foto rontgen, USG, CT scan dan juga MRI dilakukan pada penderita radang sendi untuk didiagnosa lanjutan.

Pengobatan Radang Sendi


Untuk Pengobatan radang sendi sangat tergantung pada jenis dan tingkat keparahan radang sendi yang dialami oleh pasien. Selain daripada itu, untuk bisa meringankan gejalanya, pengobatan radang sendi juga akan bertujuan untuk bisa meningkatkan fungsi sendi itu sendiri. Agar dapat mengurangi rasa sakit biasanya juga akan digunakan beberapa obat jenis anti inflamasi nonstreoid atau OAINS misalnya ibufrofen atau jenis analgesic seperti taramadol dan paracetamol. Anda juga disarankan untuk mengoles krim salep yang mengandung capsaicin atau mentol.

Dalam mengatasi penyakit radang sendi yang diakibatkan autoimun dokter biasanya akan membuatkan resep obat DMARTs seperti hydroxychlorquine atau methotrexate. selain itu, melakukan fisioterapi akan disarankan oleh dokter karena fisioterapi akan semakin menguatkan otot serta
persendian agar bisa meningkatkan kemampuan pada gerak tubuh anda.

Berikut adalah pantangan radang sendi

Selanjutnya, hindari hal-hal berikut:

1. Merokok

Rokok dapat memicu kerusakan di jaringan persendian, sehingga dapat menambah gejala.

2. Tetap Berada dalam satu posisi tubuh untuk waktu lama (tidak bergerak dalam waktu lama)

Lakukan peregangan dengan rutin, baik itu ketika Anda berdiri, membaca, bekerja, dan menonton TV. Ubah posisi duduk atau berdiri setiap beberapa menit. Hindari gerakan yang berulang ulang pada satu sendi.

3. Tidur tidak cukup

Nyeri sendi bisa membuat Anda kesulitan untuk tidur. maka sebaliknya, semakin tidur kita tidak cukup maka nyeri sendi bisa akan lebih parah. Konsultasikan masalah ini pada dokter Anda, kemudian cari posisi atau tempat tidur yang paling nyaman buat anda untuk mempermudah tidur dengan baik.

4. Latihan fisik yang sedikit menguras tenaga

Contohnya olahraga Sepakbola, lari,tenis, basket dan voli.

5. Makanan yang tinggi akan purin

Terutama bila Anda menderita arthritis pirai atau gout. Makanan yang mengandung purin tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat dan menambah gejala. Contohnya adalah Sea food, jeroan, daging bebek, dan kerang.

6. Negatif Thinking

Hilangkan pikiran pikiran buruk atau negatif anda, buang rasa pesimis. Bersikaplah lebih rileks dan yakin bahwa Andalah yang mengendalikan tubuh Anda.

7. Hindari mandi malam

Keadaan udara pada malam hari yang menyebabkan mandi malam akan sangat berbahaya bagi tubuh anda apalagi jika dilakukan oleh penderita radang sendi seperti rematik, bukannya akan bertambah baik malah akan memperburuk kondisi tubuh terutama bagian persendian.

Adapun makanan yang dilarang untuk penderita radang sendi adalah:

Berikut jenis makanan yang harus dihindari yakni makanan penyebab nyeri sendi untuk meredakan rasa sakit pada persendian.

1. Tomat

Tim peneliti mengadakan survei kepada 2.051 orang yang menderita sakit pada sendinya. Sebanyak 20% di antaranya melaporkan mengkonsumsitomat dan diduga sebagai pemicu terbanyak rasa sakit pada sendi. Hal itu disebabkan karena kandungan pada tomat dapat meningkatkan kadar asam urat yang berlebih pada darah manusia, sedangkan penyebab utama dari nyeri sendi adalah asam urat. Para peneliti menghimbau untuk mengurangi konsumsi tomat agar dapat mengurangi kadar asam urat pada tubuh.

2. Kacang Kacangan dan minyak zaitun

Jagung, kedelai, kenari dan minyak zaitun mengandung asam lemak tinggi.Peningkatan masalah asma, penyakit jantung, dan peradangan pada tubuh juga nyeri sendi dipengaruhi oleh asam lemak yang tinggi.

3. Soda

American Journal of Clinical Nutrition menganalisa data dari dua penelitian dan menemukan hubungan antara mengonsumsi soda dengan risiko arthritis atau radang sendi. Wanita yang meminum 1 gelas soda setiap hari memiliki 63% risiko lebih besar dibandingkan wanita yang tidak meminum soda.

4. Makanan yang dibakar

Sebenarnya tidaklah buruk mengkonsumsi makanan yang dibakar. Namun yang menjadi hal buruk adalah makanan yang akan Anda olah dibakar. Misalnya saja, Anda memilih daging merah untuk diolah dengan dibakar, tentu saja itu tetap akan membuat peradangan Anda semakin parah.



0 Response to "Makanan Pantangan Untuk Penderita Radang Nyeri Sendi Lutut"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel