-->

TERBUKTI CARA MENAMBAH BERAT BADAN BAYI YANG SEHAT

Tidak sedikit kita jumpai banyak bayi yang mengalami pertumbuhan yang tidak normal, yang sering kita jumpai adalah kondisi tubuh bayi yang tidak proporsional dengan usianya. Maka dari itu kita sebagai orang tua tentu kita khawatir jika sang buah hati mengalami kekurangan gizi yang terlihat dari berat badan yang rendah. Solusinya adalah kita mencari cara menambah berat badan bayi dengan efektif dan sehat.

Dalam usaha kita mengetahui cara menaikkan berat badan bayi perlu kita perhatikan bahwa sistem pencernaan pada bayi belum berkembang sepenuhnya berbeda dengan system pencernaan orang dewasa sehingga perlu memilih makanan yang diperlukan oleh bayi dalam program penambah berat badan bayi, takaran konsumsipun harus diperhatikan. niat menambah berat badan bayi malah membahayakan kesehatan bayi.

cara menambah berat badan bayi
cara menambah berat badan bayi


Seberapa pentingkah menambah berat badan bayi?


Hal ini harus anda perhatikan sebelum anda menerapkan cara menaikkan berat badan bayi yang akan kita bahas bersama. Membahas tentang berat badan bayi normal, seperti kita ketahui bahwa berat badan normal bayi baru lahir adalah sekitar 2500-4500 gram pada hari-hari awal dilahirkan namun setelah lahir berat badan akan turun, jangan cemas karena ini merupakan proses normal dan berat badan bayi akan naik kembali setelah 10 sampai 12 hari.

Berat bayi saat awal lahir sangat dipengaruhi oleh faktor genetik seperti kesehatan ibu selama mengandung, dan nutrisi yang dikonsumsi ibu selama masa hamil. bila saat bayi lahir dan beratnya dibawah normal, jangan dikhawatirkan karena berat bayi akan bertambah setelah beberapa hari kedepan. Kemudian pantaulah berat badan bayi pada bulan-bulan awal setelah lahir dengan cara membandingkan berat badan saat ini dengan grafik berat badan normal, salah satu panduan grafik yang bisa anda gunakan adalah Kartu Menuju Sehat (KMS) yang bisa Anda dapatkan di Puskesmas atau Posyandu terdekat, grafik dalam KMS ini akan menjadi acuan yang membantu anda dalam mengontrol pertumbuhan dan perkembangan bayi tentulah hal ini tentang berat badan bayi.

Grafik yang dilengkapi dengan daerah berwarna hijau kuning dan merah pada kartu KMS menjadi acuan anda. Apabila grafik bayi anda berada dalam warna hijau berarti berat badan bayi anda normal, jika berada daerah kuning berarti kita harus waspada, dan merah menandakan berat badan bayi anda kurang. Disini anda perlu menerapkan cara menaikkan berat badan bayi agar berat badan bayi naik tiap bulan jika berada di garis kuning dan merah.

Baca Juga: Cara Menggemukan Badan Wanita Dalam 1 Minggu

Walaupun demikian mengamati perkembangan berat badan bayi saja tidak cukup, anda juga harus mengamati tinggi atau panjang bayi, lingkar kepala yakni mengukur dan mengetahui ukuran tengkorak bayi dalam pertumbuhan yang normal, sehingga dokter dapat mendeteksi sedini mungkin pertumbuhan abnormal pada bayi. disamping itu anda jangan langsung gegabah mengambil kesimpulan bahwa bayi anda bermasalah dengan berat badan dikarenakan hanya melihat dari perubahan fisik bayi anda, cara tepatnya adalah dengan mengukur dan juga membandingkan berat badan dengan tinggi badan bayi anda. Apabila hasilnya sudah pasti bahwa berat badan bayi menunjukan kategori kurus maka anda dapat mencari penyebabnya.

Apa sajakah Penyebab Berat Badan Bayi Rendah?

Apabila sudah mengetahui status berat badan bayi, maka langkah selanjutnya yang harus dicermati adalah mengetahui penyebab berat badan bayi yang kurang. Tanpa mengetahui penyebabnya, maka tujuan kita untuk menambah berat badan bayi akan sulit dicapai.

Berikut diantara penyebab berat badan bayi rendah:

Kurang Asupan.

agar berat badan bayi cepat naik dengan asi
cara menaikkan berat badan bayi asi

Makanan terbaik bagi bayi baru lahir sampai usia 6 bulan adalah ASI. Jadi jika asupan ASI ke bayi selama masa itu cukup, maka tidak ada masalah yang timbul. Namun ketika asupan ASI tidak normal, maka berat badan bayi bisa kurang dan mungkin membutuhkan bantuan susu formula. Ketika bayi anda sudah berusia di atas 6 bulan, bayi mulai aktif karena ASI saja tidak cukup maka diberikan asupan makanan pendamping ASI (MPASI). Berilah MPASI yang bergizi sesuai usianya. Disinilah peranan besar Ibu untuk menentukan asupan nutrisi yang seimbang dengan kebutuhan gizi bayi.

Karena Penyakit. 


agar berat badan bayi naik tiap bulan


Apabila bayi sedang sakit, contoh masalah pada pencernaan yang membuat sistem penyerapan makanan menjadi terganggu, terkena diare, maka usaha kita untuk memberikan asupan nutrisi yang baik jadi terganggu sehingga berat badan bayi bisa menurun. konsultasilah ke dokter untuk mengatasi penyakit ini.

Bagaimana Cara Menambah Berat Badan Bayi?


# Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas ASI

Cara menambah berat badan bayi baru lahir, 2 bulan, 5 bulan sampai usianya mencapai  6 bulan, asupan yang paling baik adalah ASI, agar berat badan bayi cepat naik dengan asi untuk itu pada usia ini ibu harus berupaya meningkatkan kualitas ataupun kuantitas ASI. Kualitas ASI dapat ditingkatkan dengan asupan ibu menyusui yang bergizi dan cukup nutrisi, selain itu itu harus menerapkan pola hidup sehat dengan cukup istirahat dan hindari stress.

Memberikan ASI pada bayi jangan dibatasi, berikanlah sesering yang bayi butuhkan. Bunda harus mengetahui, bayi yang ingin menyusu ditandai dengan cara menagis, namun tidak selamanya tangisan bayi menandakan bayi lapar yah maka dari itu rasa peka anda sebagai seorang ibu harus dilatih.

# Teratur memberikan MPASI


cara menambah berat badan bayi 6 bulan
Pemberian MPASI


Makanan pendamping ASI (MPASI) dibutuhkan untuk bayi di atas 6 bulan, cara menambah berat badan bayi 7 bulan pada usia ini ASI saja tidak cukup. Imbangi asupannya karena Bayi sudah mulai tumbuh dan berkembang lebih maju. Untuk dapat menaikkan berat badan bayi, maka berilah makanan penambah berat badan bayi yang bergizi tinggi yang cocok dengan usianya. Di mulai dari bubur saring, bubur, nasi tim, dan nasi biasa pada usia satu tahun ke atas.

Sumber makanan bergizi lain seperti Ikan, telur, daging, tahu, tempe, wortel, bayam, dan sebagainya bisa Anda olah menjadi MPASI yang sesuai. Untuk asupan berkalori dapat juga ditambahkan minyak sayur atau keju ke dalam MPASI.

Pada umumnya Pemberian MPASI dijadwalkan 2-3 kali dalam sehari dengan porsi yang disesuaikan dengan usia bayi. Untuk bayi yang baru belajar makan, bisa dimulai satu kali sehari bertahap hingga dapat memenuhi jadwal makan standar sebanyak 3 kali sehari. Sementara untuk bayi yang lebih besar, Bunda dapat memberikan makanan cemilan sehat di antara jadwal makan, yaitu dua kali sehari saat menjelang siang dan sore hari.

Aturan makanan penambah berat badan bayi usia 9 atau 11 Bulan, maka cobalah memberinya makan 2 -3 kali sehari dengan porsi diperkirakan setengah gelas atau sekitar 100-125 cc. Tambahkanlah sedikit minyak sayur, keju atau santan agar kandungan gizi dan kalorinya meningkat. Untuk menambah selera makan bayi upayakan juga untuk menghidangkan makanan yang menarik dan bervariasi.

# Macam Macam Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Mengetahui kandungan gizi setiap makanan yang akan diberikan kepada bayi merupakan hal yang wajib untuk diperhatikan, jika anda ingin menambah berat badan bayi. Bunda dapat menyiapkan menu MPASI secara bervariasi, tetapi tetap memperhatikan komposisi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan lauk berprotein serta sayuran yang kaya akan serat dan vitamin. Adapun perbandingan yang disarankan antara karbohirat:protein dan sayur  adalah 50:50. contohnya yaitu nasi tim 4 sendok makan ditambah 2 sendok makan lauk dan 2 sendok makan sayuran.

# Cara Lain untuk Menambah Berat Badan Bayi

Margarin dan mentega merupakan makanan yang menjadi sumber lemak yang mengandung vitamin A, B1, D, protein yang bermanfaat untuk pertumbuhan bayi. Perhatian buat ibu bahwa bahan ini jangan dipanaskan, karena nanti vitaminnya bisa rusak. jadi cara terbaik yaitu setelah makanan dimasak baru tambahkan satu sendok teh margarin/mentega pada makanan.

Berikan jenis minuman bervariasi. 


merk susu penambah berat badan bayi
Variasi Minuman Bayi


Pada bayi yang berumur 1 tahun ke atasb biasanya frekuensi menyusu akan berkurang sehingga bunda harus memenuhi asupan cairannya. Air putih saja tidak cukup, jika anda ingin menambah berat badan bayi, maka anda juga bisa memberikan jus buah yang kaya vitamin, atau bisa juga memberikan minum beberapa sendok teh yang tidak terlalu manis.

Namun harus berhati-hati yah bunda, memberi minum jus yang berlebihan terkadang membuat bayi diare dan hal itu bisa mengurangi nafsu makan bayi. Disamping itu walaupun frekwensi menyusu berkurang ibu bisa juga memberi susu formula penambah berat badan banyak merk susu penambah berat badan bayi yang direkomendasikan dan pastikan cocok dengan bayi anda.

Cemilah Sehat. 

Untuk memberi Cemilan Untuk menambah berat badan bayi di sela-sela MPASI pilihlah buah yang kaya kalori, contohnya alpukat, pisang dan daging kelapa muda.

Tidur yang cukup. 

Bayi yang tidurnya cukup tentunya memiliki stamina yang terjaga. Bayi pada saat tidur itulah berlangsung pertumbuhan bayi. Beraktivitas memang juga penting bagi bayi, tetapi jika aktivitasnya sangat berlebihan dan istirahatnya kurang, maka hal ini juga dapat menyebabkan terhambatnya
pertumbuhan serta mengakibatkan turunnya berat badan bayi anda.

Itulah beberapa cara menaikkan atau menambah berat badan bayi, semoga dapat bermanfaat bagi ibu ibu dan semoga berhasil yah.

0 Response to "TERBUKTI CARA MENAMBAH BERAT BADAN BAYI YANG SEHAT"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel