-->

14 CARA MENGHILANGKAN KUTU RAMBUT

Cara menghilangkan kutu rambut - Kutu rambut memang sangat mengganggu apalagi wanita yang memiliki rambut yang panjang pasti rentan memiliki kutu rambut yang menyebalkan, karena kutu rambut ini membuat kepala anda menjadi gatal.maka dari itu kebanyakan wanita mencari cara menghilangkan kutu rambut mulai dari menggunakan alat sampai memakai bahan yang alami.disekitar kita banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut ini saking banyaknya nanti kita bahas sebagian di bawah ini yah.

Kutu rambut merupakan parasit kecil yang bersarang di kepala manusia dan kutu ini mampu menghisap darah di kepala. Dan juga bisa bertelur di kepala yang menjadikan rambut sebagai sarangnya. telur kutu rambut biasanya melengket di pangkal rambut yang dekat dengan kulit kepala.
Kutu yang satu ini hanya terdapat pada manusia saja dan penularannya pun hanya pada sesama manusia saja. kebanyakan anak-anak usia sekolah biasanya sangat sering dihinggapi kutu rambut. akan tetapi memungkinkan penularannya bisa ke orang dewasa yang tinggal serumah dengan anak yang memiliki kutu rambut ini.

cara menghilangkan kutu rambut
Kutu Rambut


Adapun gejala umum yang dapat dikenali apabila seseorang mempunyai kutu rambut adalah sering menggaruk garuk karena rasa gatal-gatal di kulit kepala, kuping, dan leher. Gatal yang dirasakan bukan saja karena gerakan gerakan kutu namun disebabkan juga oleh air liur kutu yang menyebabkan reaksi alergi pada kulit kepala anda.

Baca Juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Dengan Lidah Buaya

Kutu rambut ini memiliki enam kaki, ukuran tubuhnya sangat kecil kira-kira sebesar biji wijen dan warnanyapun gelap hampir mirip dengan warna rambut. Biasanya telur kutu akan terlihat menempel pada rambut. Telur yang tidak berisi biasanya berwarna terang makanya akan lebih gampang terlihat.

Supaya anda tidak terganggu dengan kutu rambut ini dan dapat beraktifitas dengan nyaman maka anda harus mencari cara menghilangkan kutu rambut yang ampuh, baik yang berambut pendek atau rambut panjang sekaligus juga mencari cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami tanpa merusak rambut anda.

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dalam 1 hari dengan cara alami:



1. Memakai Sisir serit


cara menghilangkan kutu rambut yang ampuh
Sisir Serit

Cara menghilangkan kutu rambut dalam sehari yang pertama adalah menggunakan sisir serit. Sisir ini dengan mudah kita jumpai di toko yang menjual alat-alat kosmetik. Gunakanlah sisir serit yang memiliki jarak antar gigi sekitar 0,2 mm, semakin rapat gigi sisir serit tersebut maka makin cepat dan efektif dalam menghilangkan kutu rambut beserta telurnya.

Perlu diketahui bahwa sebelum menggunakan sisir serit terlebih dahulu basahi rambut Anda agar gerakan kutu di kulit kepala menjadi lambat, kondisi rambut basah juga membuat kutu jadi lebih mudah terlihat. Lakukan penyisiran rambut dengan sisir serit ini sesering mungkin hingga kutu benar-benar hilang dari kulit kepala Anda.


2. Larutan Asam Cuka


cara menghilangkan kutu rambut dengan cuka
Asam Cuka


Cara menghilangkan kutu rambut dengan cuka bisa juga digunakan. Sifat asam dari cuka dapat menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cepat. hati hati dalam menggunakannya karena sifatnya yang sangat asam, sebaiknya gunakanlah dengan sedikit saja agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit kepala Anda. bila terlanjur banyak tambahkan sedikit air untuk mengurangi keasamannya.

Berikut adalah bahan dan cara menghilangkan kutu rambut dengan asam cuka:

Siapkan 2 sdm cuka, Siapkan 2 sdm minyak kelapa, Campurlah kedua cairan tersebut sampai merata
Aplikasikan pada rambut sampai kulit kepala sebelum tidur. Gunakan penutup kepala (shower cap) dan tidurlah, sambil mendiamkannya sampai besok pagi.Setelah bangun dari tidur, bilaslah rambut anda dengan menggunakan shampoo agar bau asamnya menghilang.


3.Dengan Kapur Ajaib



cara menghilangkan kutu rambut dengan kapur ajaib
Kapur Ajaib



Berikutnya adalah cara menghilangkan kutu rambut dengan kapur ajaib.

Kapur ini merupakan insektisida jenis kontak ketika bersentuhan dengan serangga maka akan melumpuhkan sistem syaraf serangga termasuk kutu tersebut dan akhirnya mati. Kapur ajaib memang sangat efektif untuk membunuh kutu dan serangga. Tidak semua orang cocok dengan kapur ajaib ini, karena kapur ajaib bisa menimbulkan iritasi dan rasa panas dikulit kepala. Jika anda menghilangkan kutu dengan kapur ajaib, jangan lupa untuk membersihkannya dengan air supaya tidak terjadi kontak berlebihan dan lama dengan kulit kepala.

4. Minyak Zaitun

Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya adalah dengan memakai minyak zaitun.

Berikut cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan minyak zaitun:

Keramaslah dan keringkan rambut anda dengan handuk.Menjelang tidur pada malam hari Oleskan minyak zaitun pada rambut sampai kulit kepala Anda dan pijatlah dengan pijatan lembut.Gunakan penutup kepala (shower cap), dan tidurlah sambil mendiamkannya sampai besok pagi. Setelah bangun tidur, bilaslah rambut anda dengan menggunakan shampoo.


5. Gunakan Baby Oil


cara menghilangkan kutu rambut dengan baby oil
baby Oil



Berikut cara menghilangkan kutu rambut dengan baby oil :

Sediakan Baby Oil, deterjen, dan sedikit cuka putih. Olesi rambut dengan baby oil lalu sisir dengan serit. Cuci rambut dengan deterjen dan air hangat. Sebelum anda tidur, oleskan dengan cuka putih ke rambut dan kepala anda, kemudian tutup dengan penutup rambut. Diamkan selama semalam.

Setelah bangun pagi bilas rambut anda dengan sampo biasa dan kemudian terapkan beberapa kondisioner. Agar cara menghilangkan kutu rambut dan telornya pada anak dengan baby oil lebih efektif ulangi proses ini untuk setidaknya tiga sampai empat hari.

6. Mayonaise

Saus pelengkap makanan ini ternyata juga bisa dimanfaatkan menghilangkan kutu rambut, jadi cara ini dapat menghilangkan kutu rambut anda secara alami dan permanen.

Berikut ini cara menghilangkan kutu rambut dengan mayonnaise.

Sediakan mayonaise secukupnya. Aplikasikan pada kulit kepala dan pijit-pijit dengan lembut sampai merata. Pakai shower cap untuk menutup rambut Anda. Biarkan dulu sekitar 5 sampai 6 jam.
Kemudian bilaslah rambut anda dengan shampoo. Setelah rambut anda kering, sisirlah rambut Anda menggunakan sisir serit agar benar-benar bersih dari kutu dan telurnya.

7. Bawang putih


cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang putih
Bawang Putih


Selain sebagai bahan rempah rempah yang biasa dipakai untuk masakan,  bawang putih ternyata juga bisa bermanfaat untuk menghilangkan kutu rambut.

Berikut ini cara menghilangkan kutu rambut secara alami menggunakan bawang putih:

Sediakan 10 siung bawang putih. Giling hingga halus menggunakan blender. campurkan 3 sdt perasan air jeruk nipis. Balurkan pada kulit kepala hingga merata. Gunakan shower cap untuk menutup rambut Anda. Diamkan selama 30 menit. Lalu bilaslah rambut Anda hingga bersih.


8. Buah Lemon

Sama seperti asam, buah lemon juga memiliki kandungan asam yang tinggi, oleh karena itu Anda juga bisa memanfaatkannya lemon sebagai cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat dan lebih aman.

Berikut ini adalah cara menghilangkan kutu rambut dengan buah lemon:

Potong 2 buah lemon, kemudian peras airnya. Siapkan air sebanyak 100ml. Campurkan ke 2 bahan di atas hingga merata. Oleskan cairan tersebut pada kulit kepala lalu pijit-pijit selama 5 sampai 10 menit. Biarkan selama 30 sampai 40 menit Kemudian bilaslah rambut Anda dengan air hangat sampai bersih.

9. Mouth Wash atau atau obat kumur

Obat kumur yang biasa dipakai sesudah menyikat gigi ini juga bisa digunakan. Manfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya.

Berikut ini adalah cara menghilangkan kutu rambut menggunakan mouth wash:

Tuangkan obat kumur secukupnya pada telapak tangan Anda. Oleskan dengan merata pada kepala anda lalu pijit-pijit dengan lembut. Tutup kepala Anda dengan menggunakan shower cap. Diamkan selama 2 jam. Bilaslah rambut anda dengan air bersih.


10. Minyak Kelapa

Bahan minyak ini mengandung asam lemak jenuh yang menjadi salah satu cara menghilangkan kutu di rambut panjang. tidak hanya itu, minyak kelapa mengandung Vitamin E yang dapat menyehatkan dan melembutkan rambut Anda.

Berikut ini adalah cara menghilangkan kutu rambut dengan alami menggunakan minyak kelapa:

Hangatkan 2 sdm minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala anda dan pijatlah dengan lembut dengan durasi 15 menit. Sebelum tidur Pakai penutup rambut dikepala, biarkan sampai besok pagi. Setelah bangun pagi, bilaslah rambut Anda dengan menggunakan shampoo.

11. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih atau cajuput oil dapat dimanfaatkan untuk usir kutu dan enyahkan telur-telurnya.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih sebagai berikut:

Campurkan minyak kayu putih dengan air jeruk nipis lalu oleskan pada rambut hingga ujungnya. Diamkan selama 1 jam, kemudian bilas rambut anda dengan shampo dan air bersih.


12. Menggunakan Bawang Merah


cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah
Bawang Merah


Bawang merah dapat digunakan sebagai obat alami untuk membasmi kutu. Bawang merah tinggi akan sulfur yang berperan membunuh kutu di kepala.

Berikut cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah:

Haluskan dengan Blender 4-5 siung bawang merah untuk membuat pasta. Kemudian saring untuk memperoleh airnya. Pijat pijat kulit kepala Anda dengan air sari ekstrak bawang merah, dan tutup kepala Anda dengan shower cap. Biarkan selama kurang lebih dua jam. Setelah itu, bilas rambut Anda secara menyeluruh dengan air hangat. Setelah rambut dikeringkan, gunakan sisir serit untuk mengeluarkan semua kutu. Lakukan perawatan ini selama tiga hari berturut-turut, selanjutnya lakukan seminggu sekali selama dua bulan untuk menghilangkan kutu secara permanen.


13. Daun Sirsak


cara menghilangkan kutu rambut dengan daun sirsak
Saun Sirsak


Selain efektif dalam pengobatan kanker, daun sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk memberantas kutu rambut.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan daun sirsak sebagai berikut:

Rebus 8-10 lembar daun sirsak hingga mendidih. setelah hangat hangat kuku, keramasi rambut anda dengan air rebusan daun sirsak tersebut. Diamkan selama 10-15 menit agar kandungan nutrisi daun sirsak meresap ke kulit kepala dan hal ini kutu tidak suka. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur agar kutu menjadi hilang.


14. Cairan Alkohol

Cara menghilangkan kutu rambut ini dengan memanfaatkan cairan lkohol dengan kadar 70 persen. Senyawa isoprofil yang dikandung oleh alkohol ini dapat menghilangkan kutu rambut dan telurnya.
Jika kulit kepala anda sedang terluka maka hindari menggunakan cara ini karena akan membuat kulit kepala anda perih. Cukup lakukan perawatan ini 1 kali dalam seminggu agar kulit kepala tidak iritasi.

Berikut ini adalah cara menghilangkan kutu rambut dengan alkohol:

Tuangkan alkohol secukupnya pada telapak tangan. Oleskan alkohol pada kulit kepala Anda dan pijit-pijit dengan lembut. Biarkan sejenak selama 20 sampai 30 menit. Gunakanlah sisir serit untuk menyisir rambut Anda. Maka kutu rambut dan telurnya akan berjatuhan. Lalu bilaslah rambut dengan air dingin hingga bersih.


Itulah beberapa cara menghilangkan kutu rambut semoga bermanfaat bagi anda dan keluarga yang dicintai, dan selamat mencoba yah.

0 Response to "14 CARA MENGHILANGKAN KUTU RAMBUT"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel