-->

Berat Badan Bayi Normal Sesuai Usianya

Berat Badan Bayi Normal, Bayi adalah hadiah paling indah yang didapatkan oleh seorang ibu. Segala sesuatunya terasa istimewa, dan apapun yang berhubungan dengan bayi tersebut seolah tak pernah luput dari perhatian seorang Ibu. Hal-hal terbaik diupayakan untuk kesehatan sang bayi. Karena mempunyai bayi yang sehat merupakan kebahagiaan tersendiri untuk seorang Ibu. Termasuk dalam urusan berat badan si bayi, berat badan bayi normal atau tidak, ini menjadi perhatian khusus sang ibu.

Berat Badan Bayi Normal Sesuai Usianya


Siapa coba yang tidak ingin bayinya memiliki berat badan yang ideal sesuai dengan tahapan usianya. Semua Ibu atau orang tua pasti ingin memilikinya. Lalu sekarang yang menjadi pertanyaan adalah berapakah berat badan bayi normal yang sesuai dengan usianya? Dalam tulisan kali ini kami coba ulas hal tersebut, termasuk hal-hal lain yang berhubungan dengan berat badan bayi secara umum.

Berat Badan Bayi Normal Usia 0 – 5 Bulan


Berikut ini merupakan ukuran standar normal berat badan bayi dan tinggi bayi. Namun hal ini tidak menjadi acuan mutlak untuk mengukur apakah bayi Anda normal atau tidak. Karena masih ada toleransi dari angka yang tercatat, artinya tidak harus sama persis. Perbedaaan selisih angka yang tidak terlalu jauh masih bisa dikatakan normal atau ideal. Tentunya tetap harus memperhatikan perbandingan antara berat dan tinggi bayi.
  • Pada masa awal kelahiran atau usia 0 tahun, berat badan bayi normal rata-rata sekitar 3,4 kg dengan tinggi sekitar 50,5 cm.
  • Pada masa usia 1 bulan, berat badan bayi normal sekitar4,3 kg dengan tinggi sekitar 55 cm.
  • Pada masa usia 2 bulan, berat badan bayi normal sekitar 5 kg dengan tinggi sekitar 58 cm.
  • Pada masa usia 3 bulan, berat badan bayi normal sekitar 5,7 kg dengan tinggi sekitar 60 cm.
  • Pada masa usia 4 bulan, berat badan bayi normal sekitar 6,3 kg dengan tinggi sekitar 60,5 cm.
  • Sedangkan pada masa usia 5 bulan, berat badan bayi normal sekitar 6,9 kg dengan tinggi sekitar 64,5 cm.
Dari poin-poin diatas kita akan coba ambil satu contoh. Misal, ada bayi berusia 4 bulan mempunyai panjang normal60,5 cm. Tetapi mungkin suatu ketika ada bayi yang tinggi badannya hanya57 cm. Ini masih dalam variasi batas normal. Karena mungkin juga dengan panjang 57 cm, nilai standart  berat badannya berubah menjadi 5,5  kg. Bayi yang seumuran mungkin saja memiliki panjang badan yang berbeda-beda dan bervariasi sekitar berada di ukuran 63 cm. Dan untuk panjang badan sepanjang63 cm, maka angka normal untuk berat badannya adalah 7,2 kg.


Dari contoh yang terpapar diatas, tidak ada permasalahan dengan bayi tersebut. Dia masih dalam batas berat badan bayi normal atau ideal. Karena terkadang banyak orang tua yang masih khawatir jika melihat bayinya memiliki ukuran yag tidak sama persis dengan standart umum. Laluakhirnya mengira bahwa bayinya tidak normal. Padahal selisih angkanya sangat sedikit dan memiliki perbandingan yang sesuai dengan tinggi bayinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel