-->

2 Cara Cepat Mengukur Berat Badan Ideal

Mengukur Berat badan ideal adalah perbandingan normal antara tinggi badan dan berat badan anda. Hal ini bisa didapat berdasarkan tabel BMI (Body Mass Index) atau yang sering disebut dengan indeks massa tubuh. Dan memiliki berat badan ideal adalah impian dan harapan setiap individu manusia. Karena berat badan yang ideal mencerminkan kondisi tubuh yang sehat. Lalu bagaimanakah cara mengukur berat badan ideal?
Jika yang ingin anda ketahui hanyalah nilai perhitungan berat badan ideal saja, maka anda cukup mempersiapkan timbangan badan, kemudian lihat tabel di bawah ini dan cocokkan dengan kondisi anda sekarang.

2 Cara Cepat Mengukur Berat Badan Ideal


Cara Lain Mengukur Berat Badan Ideal


Cara mengukur berat badan ideal dengan tabel BMI seperti di atas adalah salah satu cara saja. Masih ada cara lainnya untuk melakukan pengukuran berat badan yaitu dengan cara melakukan perhitungan secara matematis.
Memang ada rumus tersendiri untuk menghitung berat badan secara cepat. Jika menggunakan tabel BMI, anda tidak perlu melakukan perhitungan, tapi cukup dengan melakukan pengukuran tinggi badan, kemudian menimbang berat badan, lalu lihat tabel BMI tersebut.
Beda dengan menggunakan rumus yang kami maksud, karena yang diperlukan dalam perhitungan mengukur berat badan ideal dengan rumus ini adalah cukup tinggi badan anda saja. Timbangan memang diperlukan, namun di akhir setelah perhitungan dengan rumus ini. Rumusnya adalah sebagai berikut.

Rumus Mengukur Berat Badan Ideal


Rumus di bawah ini kami bedakan antara rumus mengukur berat badan ideal untuk laki-laki dan juga untuk perempuan.

Untuk laki-laki :
Jika TB adalah tinggi badan, dan BBI adalah berat badan ideal, maka :
BBI = (TB-100) - (10% x (TB -100))
Contoh Perhitungan :
TB Anda 170 maka (TB-100) = 70
BBI = 70 -(10% x 70)
BBI = 70 - 7
BBI Anda = 63 Kg

Untuk perempuan :
Jika TB adalah tinggi badan, dan BBI adalah berat badan ideal, maka :
BBI = (TB-100) - (15% x (TB -100))

Contoh Perhitungan :
TB Anda 160, maka (TB-100) = 60
BBI = 60 -(15% x 60)
BBI = 60 - 9
BBI Anda = 51 Kg

Nah, cukup mudah bukan? Jika anda kesulitan menghitung, silakan minta bantuan anggota keluarga anda, atau lakukan dengan bantuan alat penghitung.
Selesai mengukur berat badan ideal anda, langkah berikutnya adalah menimbang berat badan anda. Jika berat badan anda lebih dari perhitungan berat badan ideal anda, maka tugas anda adalah untuk menurunkan berat badan. Sebaliknya jika hasil timbangan badan anda kurang dari perhitungan berat badan ideal di atas, maka segeralah berusaha untuk menaikkan berat badan anda.

Dan akhirnya kami berharap 2 cara cepat untuk mengukur berat badan ideal ini dapat membantu anda untuk mencapai impian dalam hal memiliki berat badan ideal. Seperti yang kami sebutkan di awal artikel ini bahwa berat badan ideal pasti menjadi impian siapa saja yang ingin memiliki tubuh yang sehat serta penampilan yang sempurna. Bukankah demikian?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel