-->

Memahami Tentang Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil

Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil, Jika kita membahas tentang kenaikan berat badan, umumnya hal ini akan sangat erat hubungannya dengan kesehatan akan kondisi tubuh kita. Ada sebagian orang yang tidak ingin gemuk dan ada sebagian orang lainnya justru ingin menaikkan berat badannya. Tapi di artikel ini kami akan membahas khusus tentang kenaikan berat badan ibu hamil yang hal ini justru sebaiknya menjadi perhatian lebih serius bagi setiap ibu yang sedang hamil.

Seperti fakta yang terjadi, setiap wanita hamil secara alamiah akan mengalami kenaikan berat badan selama masa kehamilan. Namun kenaikan berat badan ibu hamil harus dikontrol karena jika terlalu gemuk atau malah terjadi penurunan berat badan, hal ini dapat berdampak negatif bagi anak yang sedang ia kandung. Nah, di artikel ini kami akan membantu memberikan tips untuk mengontrol berat badan ibu hamil.

Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil


Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil yang Normal

Berdasarkan hasil penelitian di bidang kesehatan khususnya perkembangan janin, maka di dapat informasi bahwa :

Di masa kehamilan hingga usia 3 bulan, janin akan tumbuh dengan berat hingga 110 gram.
Di masa kehamilan hingga 5 bulan, janin akan bertambah beratnya sekitar 890 gram.
Di masa kehamilan hingga 7 bulan, berat janin semakin bertambah hingga 2700 gram
Di masa kehamilan hinga 9 bulan, berat janin normal antara 3200 gram sampai dengan 3900 gram.

Nah, berdasarkan hasil riset tersebut di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pertumbuhan dan perkembangan janin tentu akan berpengaruh juga terhadap kenaikan berat badan ibu hamil. Lalu bertambahnya berat badan seorang ibu hamil itu berapakah nilai normalnya? Jawabannya secara umum adalah antara 12 - 15kg, namun hal ini tidak mutlak karena nilai normal dari berat badan ibu hamil dipengaruhi oleh berat badan sebelum masuk pada masa kehamilan.
Hal ini dapat dihitung dengan berpedoman pada BMI atau yang sering disebut dengan Indeks Massa Tubuh. Berikut ini adalah rincian selengkapnya.

Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Berdasarkan BMI


Berikut ini adalah tabel indeks massa tubuh, dan khusus penjelasan untuk kenaikan berat badan ibu hamil yang normal berdasarkan berat badan sebelum hamil, dijelaskan di bawah tabel.

1. Jika angka BMI anda mencapai 30, maka anda termasuk perempuan dengan berat badan berlebih. Selama hamil, kenaikan berat badan yang normal adalah bertambah antara 5 - 9 kg saja.
2. Jika angka BMI anda berkisar 25 - 29, maka anda masih tergolong gemuk. Kenaikan berat badan normal anda selama hamil adalah antara 7 - 11 kg saja.
3. Jika angka BMI anda berkisar antara 18 - 25, maka anda tergolong memiliki berat badan ideal, sehingga bertambahnya berat badan normal selama hamil berkisar antara 11 - 16 kg.
4. Jika anga BMI anda di bawah 18, itu berarti anda termasuk dalam kategori berat badan kurang atau kurus. Maka pertambahan berat badan normal saat hamil adalah antara 12 - 18 kg

Nah, dengan adanya pemaparan di atas mengenai kenaikan berat badan ibu hamil. Kami harap dapat membantu anda untuk mengontrol berat badan normal selama kehamilan. Kami rasa khusus dalam hal pengukuran berat badan tidaklah sulit. Yang mungkin lebih sulit lagi adalah usaha untuk menaikkan atau menurunkan berat badan selama hamil. Karena hal tersebut tentunya berkaitan dengan pola makan dan jumlah asupan makanan yang anda konsumsi. Oleh karena itu, anda sebagai wanita hamil harus ekstra hati-hati dalam hal menjaga pola makan demi kebaikan anda dan calon buah hati anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel