-->

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah MelahirkanBanyak wanita yang mengalami peningkatan berat badan secara signifikan setelah melahirkan. Sementara untuk mendapatkan tubuh langsing kembali, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, terutama mengenai gizi dan nutrisi dari bayi yang harus disusui. Untuk itu, berikut kami berikan beberapa cara menurunkan berat badan setelah melahirkan yang aman untuk ibu dan bayi

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

5 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan


1. Menyusui Bayi Anda

Menyusui bayi ternyata dapat membakar 300-500 kalori per hari. Namun tubuh ibu hamil juga memerlukan tambahan kalori untuk memproduksi air susu, dan biasanya dokter akan menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi kalori tambahan. Sehingga walaupun cara ini terbukti bisa membantu menurunkan berat badan, namun tidaklah secara signifikan.

2. Mengurus Sendiri Bayi Anda

Intinya adalah banyak bergerak. Usahakan tidak menggunakan baby sitter atau asisten untuk mengurusi segala keperluan bayi Anda. Hal ini akan membuat Anda terus bergerak sehingga menambah jumlah kalori yang terbakar di dalam tubuh. Salah satu contohnya yaitu,mendorong stoller dipagi hari bersama bayi Anda, hal ini dapat menjadi aktifitas menyenangkan dan bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan setelah melahirkan yang cukup efektif.

3. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Ibu yang menyusui anaknya cenderung lebih sering lapar dan sering ngemil. Ganti cemilan Anda. Hindari beberapa camilan yang mengandung kalori tinggi seperti snack, keripik, cookies dan minuman bersoda. Jika Anda menginginkan camilan, bisa menggantinya dengan buah- buahan, kacang,  wortel, atau makan biskuit gandum.Selain itu, memperbanyak konsumsi serat dan air juga dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga mempercepat Anda kembali mencapai berat badan yang ideal.

4. Usahakan Tidak Terlalu Banyak Penambahan Berat Badan Ketika Hamil

Kenaikan berat badan yang direkomendasikan oleh dokter semasa kehamilan berkisar 12-15 kilo. Setelah melahirkan, biasanya ibu akan kehilangan beratnya sekitar 7-8  kg (berat bayi, darah, plasenta dan cairan lain). Sehingga biasanya, ibu hamil dengan kenaikan berat badan maksimal 15 kilo, akan bisa kembali ke berat asal dalam waktu 2 bulan saja. Hal ini akan lebih sulit jika pada saat kehamilan ibu menganggap itu adalah waktu yang tepat untuk makan apapun yang ibu suka sehingga kenaikan berat badan semasa kehamilan menjadi sangat berlebih. Untuk itu, kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat dan mengatur pola makan, harus sudah diterapkan semenjak bayi masih di dalam kandungan.

Demikianlah beberapa cara menurunkan berat badan setelah melahirkan yang dapat Anda coba terapkan.  Hal yang perlu digaris bawahi, tidak usah terlalu terburu- buru karena Anda memiliki bayi yang harus diperhatikan kecukupan gizinya. Berat badan Anda mungkin memang tidak dapat turun secara drastis, namun secara perlahan. Jika tubuh Anda dan bayi Anda sudah benar-benar  siap maka barulah Anda bisa segera memulai program penurunan berat badan dengan berolahraga atau  mencari bantuan trainer di gym terpercaya. Yang pasti, hindari mengkonsumsi obat-obatan diet yang tidak jelas keamanannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel