-->

Cara Membuat Makalah Tentang Internet

Membuat Makalah tentang Internet tentunya tidak terlalu sulit mengingat banyaknya informasi yang bertebaran di internet yang bisa dijadikan sebagai bahan acuan referensi. Sehingga kali ini oenulis ingin membahas hal terpenting yang terlebih dahulu harus dibuat ketika kita hendak membuat sebuah makalah, dalam hal ini makalah khusus mengenai internet, yaitu kerangka makalah.

Membuat Makalah Tentang Internet


Kerangka makalah adalah panduan dasar kita dalam menyusun sebuah makalah yang dijadikan acuan berfikir secara sistematis untuk membantu kita memudahkan pengerjaan makalah. Berikut ini disajikan contoh kerangka makalah yang dapat digunakan untuk membuat makalah tentang internet.

Contoh Format Kerangka Makalah Tentang Internet


Cover dan Halaman Judul 
Bagian ini biasanya diisi dengan beberapa keterangan seperti judul makalah yang dibuat,nama penyusun makalah,  nama guru/ dosen, logo sekolah/ universitas serta tahun pembuatan makalah.

Kata Pengantar 
Biasanya berisi pengantar atau pembuka yang membahas mengenai  dasar pembuatan makalah dan alasan pemilihan judul. Dalam hal ini, silahkan tulis alasan anda membuat makalah tentang internet. Dapat juga ditambahkan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan makalah tersebut.

Daftar Isi 
Bagian ini berisi tentang layout dari makalah, seperti dapat dilihat pada contoh dibawah ini.

Bab I. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
1.2. Tujuan Penulisan
1.3. Rumusan Masalah
1.4. Sumber Data
1.5. Metode

Bab II. Pembahasan
2.1. Sejarah Internet
2.2. Internet dan Perkembangannya
2.3. Cara Mengoperasikan Internet
2.4. Pengguna Internet di Indonesia
2.5. Dampak Positif dan Negatif Internet

BAB III. Studi Kasus
3.1.  Beberapa Permasalahan Seputar Internet di Indonesia
3.2. Contoh Kasus Yang Pernah Terjadi
3.3. Tanggapan Masyarakat dan Ahli

BAB IV. Penutup

Kesimpulan
Berisi simpulan atau hal apa yang menjadi penyelesaian dari masalah yang dibahas di dalam makalah tentang internet ini.

Saran
Berikan beberapa saran baik tentang hal yang dibahas dalam makalah atau pun tentang proses pembuatan makalah.

Daftar Pustaka
Berisi catatan dari mana saja sumber referensi yang anda tuliskan di makalah, bisa dari buku, media cetak atau pun media elektronik.  Jangan lupa untuk memperhatikan tata cara penulisan nama, gelar, jabatan penulis sumber tersebut agar tidak salah dalam penulisan pustaka.)

Lampiran
Lampiran berisi file pendukung makalah tentang internet yang sudah dibahas. Bisa berisi table, grafik, flowchart atau gambar skema.

Keseluruhan format diatas tentulah bukan format baku dalam menyusun kerangkamakalah mengenai internet, namun setidaknya dapat dijadikan acuan dasar dalam membuat kerangka makalah secara umum.

Demikianlah sedikit informasi mengenai tata cara membuat makalah tentang internet. Semoga dapat membantu anda sekalian yang sedang mencari panduan mengenai cara membuat makalah tentang internet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel