-->

Contoh Makalah Kesehatan Lingkungan

Berbicara masalah Makalah Kesehatan Lingkungan berikut ini merupakan contoh sebuah makalah kesehatan lingkungan yang mungkin dapat menjadi referensi bagi anda para pecinta atau peneliti lingkungan. Makalah mengenai lingkungan yang di bahas di sini merujuk pada perkembangnya dunia industri di tanah air kita.


makalah kesehatan lingkungan doc


Merambahnya Industri  besar maupun kecil yang semakin tahun semakin berkembang di indonesia membawa sejuta manfaat bagi perkembangan ekonomi di negara ini. Salah satunya adalah, lapangan pekerjaan semakin bertambah, tidak hanya itu saja, pendapatan perkapita negara juga ikut meningkat. 

Namun perlu diingat, bahwasannya ada untung pasti ada rugi, apapun itu industrinya  pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya “Limbah”. Entah itu limbah berbentuk padat, cair, maupun gas, pasti akan dihasilkannya, dan limbah tersebut bersifat sangat berbahaya untuk semua kelangsungan makhluk hidup jika tidak diolah atau dibuang secara baik dan sempurna. Ingin mengetahui dampak buruk lainnya? Lanjutkan untuk membaca makalah kesehatan lingkungan ini.

Mengingat akan adanya hal tersebut diatas, lingkungan yang awalnya masih terkesan original, asri dan adem, kini berubah menjadi panas, lembab dan menimbulkan berbagai dampak negative bagi lingkungan disekitarnya, berawal dari efek rumah kaca, ataupun dari asap yang mengepul diatas awan mengelilingi atmosfir disekitar akibat dari efek residu proses produksi industri, tidak hanya itu saja, kebisingan yang terjadi dari mesin besar yang terus beroperasi yang mana suaranya sangat memekakkan telinga, serta cahya lampu dari alat berat ataupun penerangan dari industri tersebut yang sangat menyilaukan mata, dapat merusak kepekaan pandangan mata. Jika kita mendapatkan atmosfir  seperti tersebut diatas secara terus menerus dari hari ke hari hingga tahun ke tahun, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi pada organ tubuh kita yang mempunyai  keterbatasan akan fungsinya. 

Untuk itu di sebuah industri yang mana secara terus – menerus beroperasi dan menghasilkan limbah tertentu, pasti mempunyai divisi pekerjaan seperti  Health, Safety and Environment (HSE) dan juga dibagian laboratorium yang mendapat jatah untuk selalu meneliti residu hasil olahan industri biasanya dikerjakan oleh bagian Quality Insurance . Divisi tersebut sangat peka akan perubahan lingkungan yang terjadi di sekitarnya. 


Alasan Mengapa Makalah Kesehatan Lingkungan ini Dibuat


Tidak hanya pengelola industri saja yang seharusnya menjaga lingkungan disekitarnya, namun masyarakat setempat juga selayaknyalah ikut andil dalam melestarikan lingkungan dengan baik. Untuk itu, perlu sekali setiap individu mempelajari, mendapat wawasan dan menyadari akan   adanya menjaga keseimbangan alam dengan baik, dengan menerapkan ilmu tekhnik lingkungan, baik di lingkungan kerja maupun di kehidupan sehari – hari, serta mempelajari untuk tetap menjaga udara agar tetap segar dan bersih , memperhatikan emisi mesin yang digunakan dan juga  menghidupkan “Go Green”. Menanam pohon di area yang tandus, berpolusi, pegunungan, pesisir pantai, area industri dan lahan bekas tambang. Untuk menghindari bencana yang tidak diinginkan. 

Dalam Hal inilah, pemerintah memberikan penghargaan pada setiap industri yang mampu menjaga limbahnya dengan baik, agar tidak membawa dampak negative yang besar bagi lingkungan di sekitarnya. Adapun penghargaan tersebut biasa dinamakan dengan “Proper”. Dan untuk mendapatkan proper itu sendiri, tidaklah mudah. Harus ada uji coba/ tekhnik sampling lingkungan untuk tolak ukur pencemaran udara, kebisingan, pencahayaan dan kualitas air disekitar area industri apakah sudah tercemar zat kimia berbahaya ataukah belum? Lingkungan yang bersih, akan menimbulkan atmosfir yang nyaman, damai, sehat dan sejahtera. 

Demikianlah contoh makalah kesehatan lingkungan yang cukup singkat dan padat yang kami harap dapat memberikan inspirasi bagi kita semua bahwa kesehatan lingkungan sangat memegang peranan penting dalam mewujudkan suatu lingkungan hidup yang sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel