-->

Poin Penting Dalam Makalah HIV AIDS

Berbicara masalah penyakit dan kesehatan pasti berhubungan erat dengan masalah kekebalan tubuh manusia. Membicarakan kekebalan tubuh pasti tidak terlepas dari yang namanya penyakit HIV & Aids. Penyakit yang menyerang kekebalan tubuh manusia yang sampai sekarang ini belum diketahui pasti apa obatnya ini semakin banyak menarik perhatian umat sedunia, bahkan sampai ada perigatan Hari Aids Sedunia. Nah dalam artikel ini akan dibahas poin – poin materi yang dibahas dalam makalah HIV Aids.

makalah tentang hiv lengkap
Makalah HIV Aids


Khusus untuk pembahasan mengenai susunan dalam pembuatan makalah yang mengulas tentang HIV Aids, berikut adalah rangkuman poin-poin pentung yang jangan sampai anda lewatkan dalam isi sebuah makalah mengenai HIV Aids.

DaftarBeberapa Poin – poin Materi Dalam Makalah HIV Aids


Berikut adalah daftar poin-poin penting dalam sebuah makalah yang membahas tentang penyakit HIV Aids.

1. Pengertian Penyakit HIV & Aids

HIV sebenarnya berasal dari sebuah kepanjangan, yaituHuman Immunodeficiency Virus. Yaitu suatu virus yang menginfeksi sel darah putih pada tubuh manusia. Virus ini mengakibatkan menurunnya tingkat kekebalan pada tubuh manusia. Sedangkan Aids merupakan singkatan dari kata asli yaitu Aquired Immuno Deficiency Syndromeyang merupakanbeberapa gejala – gejala penyakit syndrome akibat melemahnya sistem kekebalan tubuh.

2. Hubungan HIV dan Aids

Bagaimana hubungan antara HIV & Aids? Jadi, hubungan kedua penyakit ini adalah virus HIV ini yang menyebabkan penyakit Aids. Sehingga ketika seseorang itu positif mengindap virus HIV akan diikuti penyakit Aids.

3. Sejarah Penyakit HIV & Aids

Poin ketiga ini juga penting untuk anda cantumkan dalam sebuah makalah HIV Aids. Sejarah tentang Virus yaitu ditemukan oleh dua ilmuan peraih nobel kedokteran yaitu Barre Sinoussi dan Luc Montagnier. Kedua ilmuan ini yang menemukan virus HIV dan melakukan penelitian Aids, meskipun sejauh ini belum ada obat yang menyembuhkan setidaknya hasil penemuan kedua ilmuan ini telah membantu memperpanjang masa hidup para penderita HIV & Aids.

4. Gejala – gejala Penyakit HIV & Aids

Gejala dari penyakit ini berbeda – beda tergantung tingkat kekebalan tubuh seseorang, tapi secara umum biasanya diawali dengan gejala berat badan turun drastic, penyakit diare, deman & flu yang tidak kunjung sembuh, dan sangat mudah merasa lelah.

5. Penularan Penyakit HIV & Aids

Virus HIV terkandung dalam darah. Penularannya antara lain melalui hubungan seksual, transfusi darah, penggunaaan jarum suntik atau jarum tindik & tatto yang bergantian, dan penularan langsung dari ibu hamil yang sudah positif terkena HIV.

6. Pengobatan Penyakit HIV & Aids

Obat – obatan yang sering dipakai untuk pengobatanya antara lain
NRTI ( Nucleoside atau nucleotide Reverse Transcriptase Inhibitor)
NNRTI ( Non-nucleoside Reverse Transcriptase Inhibitor)
PI (Protease Inhibitor) Fusion Inhibitor.

7. Pencegahan Penyakit HIV & Aids

Penyakit ini bisa dicegah dengan langkap – langkah sebagai berikut :
Jangan melakukan hubungan seksual diluar nikah dan jangan berganti – ganti pasangan
Gunakan jarum suntik atau alat suntk medi yang steril dan sekali pakai
Jauhi narkoba
Jika seorang ibu positif HIV sebaiknya jangan hamil terlebih dahulu.
Jangan melakukan transfuse darah dengan jatum suntik bekas.

Demikian tadi beberapa poin – poin materi makalah HIV Aids semoga banyak membantu saudara dalam pembuatan makalah mengenai penyakit HIV Aids.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel