-->

Tips Cara Cepat Menghafal Dengan Mudah

Cara menghafal dengan cepat dalam waktu singkat -  cara cepat menghafal dengan mudah, kebanyakan orang menginginkan bisa cepat menghafal sesuatu, contohnya misal catatan, puisi, kata-kata yang indah dalam bahasa inggris, dan masih banyak lagi hal yang menarik.

cara mudah menghafal pelajaran sekolah


"Teknik Menghafal sesuatu", dari segi teori memang kedengarannya gampang sekali, tapi belum tentu semudah itu , bisa juga terjadi ketika sudah dipraktekkan dan ternyata sulit. Di dunia hampir tidak ada yang mustahil. Bagi para pengunjung  blog ini yang merasa dirinya kurang mampu untuk menghafal dengan baik dan cepat. saya mempunyai tips yang bermanfaat yang bisa di terapkan ketikan ingin menghafalkan sesuatu.

Cara Menghafal Dengan Cepat dan Masuk ke Otak


1. MNEMONIC

Mnemonic adalah salahsatu teknik cara menghafal yang bersifat abstrak. teknik untuk menghafal ini dengan cara mengubah sebuah kata yang abstrak menjadi benda nyata yang dapat kita pikirkan atau bayangkan

Mnemonic dapat dikategorikan menjadi 2 bagian, yaitu :

A. SISTEM GAMBARAN

Sistem gambaran itu adalah teknik menghafal informasi yang abstrak dengan cara menggambarkan kata abstrak tersebut kedalam sesuatu yang bersifat nyata.

Contoh sistem gambaran ini sebagai berikut:

Gembira - dapat digambarkan ketika  orang yang sedang bergembira.
Yogyakarta - dapat digambarkan dengan candi Borobudur.
Jakarta - akan lebih mudah kita gambarkan menjadi monas.


B.SISTEM PERSAMAAN BUNYI

Teknik ini menghafal informasi berdasarkan pada bentuk persamaan bunyinya.
Contoh sistem persamaan bunyi adalah sebagai berikut:

Irak – akan lebih mudah di ingat jika kita mengingatnya dengan kata rak
Singapura - akan lebih mudah di ingat dengan cara mengingat kata singa


2. MEMORY SPORT

Otak manusia itu bisa dikatakan seperti halnya otot, apabila kita rajin berolahraga  tentu saja otot kita akan bertambah kuat. Begitupun dengan otak, kalau kita asah pasti akan berubah dari segi kemampuan otak itu sendiri ,  apabila kita rajin mengolah informasi pada otak kita, maka sudah pasti otak kita pun akan terbiasa. ingatlah prinsip berikut "Bisa Karena Biasa" Jika kita malas dan tidak pernah mau mengolahragakan otot / otak kita, tentu otot / otak kita pun akan menjadi lemah dan tidak mempunyai kemampuan yang baik. Jadi, sangat disarankan agar kita selalu mengasah atau mengolahragakan otak kita.

Adapun cara yang bisa kita lakukan untuk mengolahragakan otak kita yaitu dengan cara memory sport itu sendiri. Kalian pasti tahu kan teka teki silang (TTS). Usahakan untuk rajin  mengisi TTS, semakin rajin semakin terlihat hasilnya. Inilah cara yang paling gampang dan mudah untuk mengolahragakan otak. Dengan cara mengisi TTS itu, secara tidak langsung otak kita menjadi terlatih untuk dapat mengolah kata-kata sambil memperkuat daya ingat sehingga akan seterusnya memmpermudah otak kita untuk mengingat sesuatu.


3. STORY SISTEM

Teknik ini mengingat informasi dengan menggunakan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya untuk dijadikan sebuah alur cerita.

Contoh Story system adalah sebagai berikut
Contoh saja, ada beberapa kata yaitu  awan - burung - baju - coca cola - gunung - pistol - buaya - pohon - kawah - kelinci

Pasti anda akan kesulitan menghafalkan kata-kata tersebut jika diberikan waktu hanya sebentar. Teknik story system ini lah yang dapat memudahkan anda untuk menghafalkan semuanya, anda bisa menggunakan cara menghafal story sistem ini, caranya adalah dengan menggabungkan kalimat tersebut menjadi sebuah alur cerita.

Hasilnya seperti ini :
Burung memakai baju terbang ke awan minum coca cola, terbang lagi ke gunung dan bertemu kelinci yang membawa pistol untuk menembak buaya yang tidur dibawah pohon di dekat kawah.

Dengan cara membuat alur cerita seperti diatas, anda akan lebih mudah untuk menghafalkannya.


4. RELATION SISTEM

Teknik ini mengingat informasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya secara terikat. Relation sistem ini biasa dipakai untuk menghafal kalimat yang berpasangan seperti nama (sungai dan provinsinya), (nama negara dan ibu kotanya), dan berbagai jenis kalimat berpasangan lainnya.

Itulah berbagai Cara Mengingat dan Menghafal Dengan Cepat semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda yang kesulitan untuk mengafalkan sesuatu. Jika artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan ke kerabat, teman atau keluarga anda. Indahnya berbagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel