-->

TERNYATA INI FAKTANYA PESAWAT LION AIR JT 610 Kena Musibah

Pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang mengalami kecelakaan terjatuh setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta pada hari Senin (29/10/2018) pagi. Namun pesawat ini dikabarkan rencana akan kembali menuju Bandara Soekarno-Hatta sebelum kecelakaan. Belum diketahui penyebab jatuhnya pesawat Lion air JT 610 ini. Pihak Basarnas telah menemukan sebagian barang diperkirakan milik penumpang serta serpihan tubuh pesawat. tetapi, hingga saat ini belum ada kepastian tentang kondisi korban.



Info terupdate bahwa selama pencarian oleh tim basarnas kerjasama dengan TNI AL serta pengerahan 6 kapal diantaranya KRI Rigel sementara terdapat 18 kantong jenazah yang berisi potongan jenasah yang tidak utuh dari korban jatuhnya pesawat lion air JT 610 yang dibawah ke RS Polri Keramat Jati. Besok hari tanggal 30 Oktober 2018 Direncanakan akan di datangkan kapal KRI banda Aceh yang mempunyai alat sonar yang cukup baik untuk melakukan pencarian bangkai pesawat lion air jt 610 yang jatuh beserta pencarian black box atau kotak hitam pesawat. Proses pencarian dan evakuasi direncanakan dilakukan sampai 7 hari kedepan pasca kejadian.




Fakta Pesawat lion air JT 610 Terjatuh
Pesawat Lion Air

Ada beberapa fakta mengenai jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 ini antara lain:

1. Sempat melaporkan akan kembali ke Bandara Soekarno-Hatta dikatakan oleh Danang Priandoko, pesawat Lion Air JT 610 sempat dilaporkan rencana balik ke Bandara Soekarno-Hatta. akan tetapi, pesawat tidak kunjung tiba di bandar udara yang terletak di Tangerang, Banten.

2. Hilang komunikasi dengan pilot sesudah 13 menit take off dari Bandara Soekarno-Hatta, pesawat Lion Air JT 610 diinformasikan hilang kontak. Pesawat lion Air JT 610 ini akan terbang tujuan Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang. Kepala Kantor SAR Pangkal Pinang Danang Priandoko menginformasikan bahwa pesawat hilang komunikasi di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

3. Posisi Titik Koordinat terakhir Berdasarkan informasi sebelumnya, posisi pesawat terakhir berada pada titik koordinat 05 48.934 S 107 06.384 E. Sebelum terjadi kecelakaan, pesawat diinformasikan hilang komunikasi. Waktu yang seharusnya yang dibutuhkan pesawat sampai ke Pangkalpinang adalah selama kurang lebih 70 menit.

4. Jumlah penumpang berdasarkan pemberitaan sebelumnya, pesawat lion JT 610 ini diketahui membawa 178 orang penumpang dewasa, 1 anak-anak, dan 2 orang bayi. ditambah 7 orang awak pesawat.

5. Pesawat lion JT 610 ini dipastikan jatuh, Basarnas memastikan pesawat ini mengalami kecelakaan jatuh di perairan dekat daerah Karawang, Jawa Barat. Pesawat berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 06.20 WIB menuju bandara Pangkal Pinang.

6. Pesawat baru,  Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memberi pernyataan bahwa pesawat Lion Air JT 610 baru dua bulan mengudara. Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro juga mengatakan hal yang serupa, yakni pesawat ini baru dioperasikan pada 15 Agustus 2018 lalu. dia mengatakan bahwa, pesawat ini dinyatakan laik operasi sebelum digunakan untuk  penerbangan komersial.

7. Posisi Jatuh pesawat diketahui,  Sesuai dengan informasi dari akun Twitter resmi Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Basarnas sudah menemukan serpihan yang diperkirakan milik pesawat Lion Air JT 610. Sutopo menyampaikan, banyak ditemukan barang yang terapung di permukaan laut, seperti handphone, pelampung, ataupun serpihan bagian pesawat. Basarnas dan pihak berwenang masih terus melakukan evakuasi terhadap peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 ini.

Sumber


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel